News Update :

5 Tips Mengatasi Account Facebook yang Di-hack

Sabtu, 09 Maret 2013

Setelah mengetahui account Anda sedang di-hack orang lain, tentunya Anda harus tahu cara mengatasinya. Sebagian orang masih belum tahu caranya dan justru meminta bantuan orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, tentunya Facebook sudah sudah memikirkan dan mengimplementasikan berlapis-lapis tingkat keamanan account pengguna. Bahkan, Anda masih bisa mendapatkan account Anda meskipun password-nya telah diganti. Selengapnya bisa Anda baca di bawah ini.

1. Ubah password Anda
Bila Anda mendapati account Anda telah diakses tanpa izin oleh orang lain, tetapi password-nya belum diganti oleh sang pembobol, ubahlah password Anda di menu Account Settings > General > Password.

2. Cek e-mail untuk perubahan password
Apabila sang pembobol berusaha mengganti password Anda, sebenarnya Anda akan menerima pemberitahuan di seluruh e-mail Anda yang terasosiasi dengan account dengan account Anda bahwa ada seseorang yang mengubah password Anda. Bila Anda tidak merasa melakukan hal tersebut, segera buk e-mail Anda dan klik link yang dikirimkan oleh Facebook.

Setelah membuka link tersebut, klik tombol Continue bila memang Anda merasa account tersebut di-hack orang lain.Anda juga akan diminta untuk mengisi password baru Anda.

3. Laporkan account Anda yang dibobol
Pembobolan yang terjadi terkadang tidak sekedar pembobolan biasa. Bisa jadi tiba-tiba account anda mengirim spam seenaknya ke account teman Anda. Anda bisa melaporkan hal tersebut melalui alamat http://www.facebook.com/hacked/. Klik tombol My Account is Compromised.

Anda akan diminta mengisi e-mail, username, ataupun nama Anda dan teman Anda untuk mengidentifikasi account Anda. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi password Anda, baik yang baru maupun yang lama.

4. Hubungi teman Anda
Terkadang tujuan pembobolan adalah melakukan penipuan dengan menggunakan account Anda. Bisa jadi teman Anda di Facebook akan menjadi korbannya. Karena itu, setelah melakukan penyelamatan yang Anda lakukan, hubungi langsung teman Anda secara personal untuk mengabari bahwa account Anda telah di-hack melalui SMS, e-mail, maupun cara lainnya.

5. Hapus akses aplikasi yang tidak diperlukan
Facebook menyediakam API yang memungkinkan aplikasi lain mengakses account Anda. Tentu saja karena telah menggunakan OAuth, hak akses setiap aplikasi ada di tangan Anda. Karena terkadang ada aplikasi yang sengaja untuk meng-hijack account Anda, segeralah hapus akses aplikasi yang tidak Anda perlukan melalui menu Account Settings > Apps. Anda bisa melihat setiap tingkat akses aplikasi third-party yang ada.

Baca juga, 10 Cara Hack Akun Facebook Orang Lain
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright HOT NEWS 2010 -2013 | Design by Giyono Umeda | Published by Giyono Umeda | Powered by Blogger.com.